Friday 18 March 2011


ayo ikut jadi bagian dalam Earth Hour!! lihat gambar di atas, SABTU, 26 MARET 2011 JAM SETENGAH SEMBILAN SAMPAI SETENGAH SEPULUH MALAM.

matikan lampu. matikan alat-alat elektronik yang membutuhkan listrik. matikan demi Bumi yang sudah sekarat ini. cuma satu jam aja! inget, berapa banyak energi yang kita keluarkan setiap harinya, berapa banyak listrik yang dipakai? ikut jadi bagian Dunia dalam waktu SATU JAM.

Earth Hour ini didedikasikan untuk mengambil tindakan langsung untuk menentang perubahan iklim. pikirkan perubahan apa yang bisa kita lakukan, SEKARANG.


"This Earth Hour, go beyond the hour. Take action to make our world a better place and share your act with the world.
Take action One small act can make a big difference. Add your act and share it with the world.
Find inspiration Discover actions that make a difference and make them your own."

"In 2010 hundreds of millions of people across the world took part in Earth Hour, but switching off the lights was only the beginning. This year Earth Hour asks people to commit to an action, big or small, that they will sustain for the future of our planet." 

jadika Earth Hour ini -kalau bisa- lebih dari satu jam, dengan cara mematikan lampu dan segala peralatan yang menggunakan listrik apabila tidak dipakai. setiap hari. 1. sayang listrik kalee. bayar listrik per bulan emangnya murah? 2. INGAT! di Indonesia masih banyak daerah yang belum dapat menikmati listrik. boro-boro bisa internetan, lampu aja gak ada. kalau ada mungkin remang-remang. jadi kita bisa menunjukkan kepedulian kita terhadap daerah-daerah itu. kalau ngaku orang Indonesia, bantu sukseskan Earth Hour tahun ini. beri tahu teman, saudara, ajak sebanyak mungkin orang dalam rangka membuat-Jakarta-jadi-gelap-gulita dalam rangka Earth Hour.

sebenarnya sih gue juga baru ngeh kalau Bumi ini udah berperan banyak dalam diri gue. baru inget kalau ternyata gue udah ngelalui 15 tahun hidup di Bumi tanpa memberikan kontribusi apa-apa buat menjadikan Bumi sebagai tempat yang lebih baik. dan sebenarnya, gue cuma pengen Bumi ini tetap bertahan karena GUE BAHKAN BELOM KELILING DUNIA.

apa jadinya kalau pulau-pulau udah keburu tenggelem karena es di kutub mencair? gara-gara pemanasan global? jawaban; gue gak akan bisa pergi sama sobat baik gue, CHIARA, ke kepulauan Polinesia Perancis atau kerennya, French Polynesia. mau ke Bora-Bora, Tahiti, Yunani, Bali, Lombok, masih banyak lagi. kalau nanti gue kuliah pulau-pulau itu udah gak ada, siapa yang perlu disalahin?

gue masih mau ke Kalimantan buat nyobain tinggal di hutan. bagi sebagian orang, mimpi-mimpi gue nonsens. gak masuk akal. ngapain susah-susah tinggal di hutan kalau Jakarta seakan udah ada segalanya? jawaban;SUKA-SUKA GUE. terserah gue mau tinggal di mana, termasuk di Kalimantan sekalipun. apa jadinya kalau ternyata di Kalimantan udah gak ada hutan karena penebangan liar? pupuslah impian gue. HEH, ORANG GILA YANG NEBANGIN HUTAN, YANG MAU DAPET DUIT DARI PENEBANGAN HUTAN TANPA TANGGUNG JAWAB. LIAT AJA NANTI, KALAU DUNIA INI BENERAN KIAMAT, ITU SALAH LO.

apa hubungan antara kiamat dan hutan yang habis? bagi yang pernah sekolah pasti tau, kalau hutan dibabat, artinya hewan-hewan gak ada tempat tinggal. gak ada bahan makanan. kalau hewan-hewan gak ada makanan, mereka bisa punah. kalau hewan punah, manusia juga bisa punah, karena gak ada yang dimakan. bersyukurlah kamu yang makan hanya sayuran dan bukan binatang, karena kalau binatang sudah punah, maka kamu bisa bertahan hidup lebih lama. terus bisa terjadi kanibalisme kalau udah gak ada lagi yang bisa dimakan. hasilnya = kepunahan total = kiamat.

gue masih mau jadi backpacker, nyobain naik gunung, ngelakuin pemanjatan bersih tanpa alat bor yang menyakiti gunung. atau bukit. gimana kalau gunung-gunung itu dibabat *betapa kerennya bangsa kita ini, gunung pun dibabat* karena misalnya mengandung kapur, lalu apa yang bisa gue panjat? jawaban; gak ada. gue gak akan bisa mendaki gunung atau bukit atau semacamnya.

orang idiot bakal bilang, panjat aja tuh, gedung atau papan panjat yang bisa ada si sekolah atau kampus. BEGO. kalau begitu gak akan ada orang yang ngelakuin kegiatan panjat gunung. kita mau perjalanan, bukan sekedar hasil akhir. perjalanan itu yang penting, gak sekedar tau-tau sampai. perjalanan itu bermakna.

gue mikir, apa yang sebenernya udah gue kasih ke Bumi? Gak ada. gak ada sama sekali. sementara Bumi udah membiarkan gue tinggal di atasnya, menghirup udara seenak jidat, dan malah berpolusi. MANUSIA ITU MAKHLUK KOTOR YANG MENGHASILKAN KOTORAN BAGI BUMI. termasuk gue. gue sendiri juga kotor. karena itu, gue mau ngelakuin hal-hal yang membuat gue gak terlalu mengotori Bumi. udah terlalu banyak kotoran di Bumi ini. terlalu banyak.

dan itu yang menyebabkan gue mau mulai menghargai Bumi, MULAI DARI SEKARANG. gimana dengan lo? apa mau tunggu sampai Bumi beneran koit? pikir itu baik-baik.




eh lihat, Google aja berpartisipasi dalam Earth Hour ^^





No comments:

Post a Comment