Thursday 6 October 2011

some of what my mind wants to spill out*


gue gak tau mau mulai dari mana, tapi ada beberapa pikiran yang berulang kali muncul -mungkin akibat galau- atau karena apa pastinya gue juga gak ngerti. pokoknya gue pengen ngomong. titik. hahaha pertama yang gue pikirin adalah...betapa beruntungnya gue. kenapa? entahlah *jawaban orang gak jelas* yang pasti gue ngerasa nyaman banget sama diri gue sendiri. 


mungkin tampang gue standar menurut orang banyak *ingat, cantik/ganteng itu RELATIF. bahkan kata Einstein satu-satunya hal yang pasti adalah tidak ada hal yang pasti.* tapii gue ngerasa cantik, dan punya banyak kelebihan disamping kekurangan, yang bikin gue ngerasa bahagia. bahkan dalam pandangan gue, ada kekurangan kalo jadi cewek cantik; cowok akan lebih mempertimbangkan fisik lo dulu, baru dalemnya. jadi ada kemungkinan yang lebih besar kalau cowok gak bener-bener tertarik sama kepribadian cewek itu, atau gampangnya cowok itu gak bener2 tulus. 


gak tau kenapa, gue bisa kayak tau sifat ato menilai seseorang dari matanya. itu kelihatan banget lho. kayak misalnya Connor Grennan, dia punya mata yang bagus banget, kelihatannya tulus. dan ternyata bener, dia emang peduli banget sama anak-anak Nepal yang kehilangan orangtuanya, bahkan dia sampai ngelakuin perjalanan yang beresiko tinggi buat mempertemukan anak-anak hilang itu sama orangtuanya. 
lihat gambar dibawah ini buat ngeliat mata si Connor. dia satu2nya bule di dalam gambar. 




gue bisa ngeliat mana cowok yang bener sayang sama ceweknya dan mana cowok yang cuma nganggep ceweknya 'asetnya' atau cuma mau ngambil keuntungan aja dari si cewek. itu. kelihatan. jelas. di. mata. gue. makanya pesan gue buat cewek2 yang dianggap banyak orang cantik; kalian harus amat sangat peka dan tegas. nyokap gue selalu berpesan kalau gue harus milih cowok karena tindakannya, bukan karena perkataannya. ngegombal itu gampang,  menunjukkan kalo cowok itu bener menghargai kita itu baru susah. 


peka dan sadar akan apa yang dimaui cowok itu, apa sekedar kebanggaan krn bisa deket sama cewek keren kayak lo, apa dia pengen manfaatin lo, atau apalah. iya, gak semua cowok berniat jelek. tapi nyatanya, nyari cowok yang emang tulus itu rada-rada susah. kebanyakan nemu cowok yang gak oke. 


mungkin pendapat cowok juga gitu. jaman sekarang susah nyari cewek yang 'berisi'. cantik-cantik dableg. B3 : beautiful but brainless. karena gue cewek, jelas lebih ngerti jalan pikiran dan jalan perasaan cewek daripada cowok *iyalah* tapi cowok-cowok, masih ada kok cewek yang oke luar-dalem. sama kayak masih ada juga cowok yang oke luar-dalem. gue juga dalam proses menjadi oke inner dan outer. 


gue terkadang mikir juga, sekolah jaman sekarang itu terkadang terlalu menekan murid. gue menyukai belajar, tapi sekolah...ga terlalu demen juga sih. belajar itu kan bisa dengan berbagai cara gak cuma dengan sekolah. hal yang gue bisa tangkap setelah masuk sma adalah gue jadi takut salah. sma seakan membentuk gue kalau kesalahan itu tabu, dilarang untuk dilakukan. sekali salah, tamat riwayatmu. padahal dalam proses belajar setiap orang pasti akan melakukan kesalahan. pasti pasti pasti dan pasti. 


seolah seluruh dunia benar-benar runtuh karena satu kesalahan yang kita buat. seharusnya sekolah menekankan pada pemulihan diri pasca melakukan kesalahan itu sendiri. setelah jatuh, proses untuk bangun itulah yang harus dapat perhatian ekstra. sayangnya, banyak orang yang seakan gak peduli akan hal semacam ini. ada begitu banyak orang yang karena begitu terpuruk dan kita bahkan gak sadar. 


butuh cirlider *baca : cheerleader* yang bisa nyemangatin orang-orang secara konkret. kelihatan lhoo, orang yang dalamnya 'kosong'. 


dan di sma ini salah satu guru gue berhasil mendapat kekurangan anak sma di sekolah gue; menganggap nilai itu segalanya. begitu terima hasil ulangan, yang dipikirin itu 'duh, kenapa nilai gue cuma segini?' sementara kita lupa buat bersyukur. setelah bersyukur, baru bisa introspeksi, kenapa nilai gue cuma segini ya? salah gue dimana sih? nahh, baru setelah itu bisa ada perbaikan akan kesalahan yang udah kita buat. 


selama ini gue berpendapat kalo gue adalah cewek yang kuat. gue udah memilih buat jadi idealis dan akan gue perjuangin keidealisan itu sampe akhir hayat. usaha gue sih gitu. gue punya pandangan sendiri terhadap perempuan, lingkungan, sampai hal-hal gaib. empath. clairvoyance. gue udah mengurangi konsumsi produk daging, mau gabung di WWF atau UNESCO atau NatGeo. mau gabung juga di Freedom Institute -atas rekomendasi seorang teman. 


jadi terkadang gue ngerasa apa ada yang salah dengan gue? terkadang gue berasa kayak aneh sendiri, karena gak semua bisa nyambung ngimbangin omongan gue. salah satu teman gue juga mikir hal yang sama kayak gue. tapi setelah berulang kali melakukan sesi curhat-diskusi bersama, kita sadar kalo kita sama sekali gak salah. mungkin sedikit berbeda dari yang lain, tapi kita oke (Y). 


intinya, gue bahagia dengan keadaan gue sekarang, dan gue bersyukur banget punya banyak teman baik yang perhatian setengah mampus, kocak nan gila dan amat menghargai kehidupan. really proud of you guys. and i'm proud to be me! hehehe




* judul diambil dari salah satu judul notes temen gue, C. 
tambahan, get well soon, R! 




love you all

No comments:

Post a Comment